Manfaat Buah Mahoni dan Efek Samping bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat buah Mahoni telah banyak dirasakan oleh sebagian besar orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah Mahoni memang telah banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat, khsusnya bagian bijinya. Meskipun memiliki rasa yang begitu pahit, namun biji Mahoni tersebut memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Mahoni by Kiat Sehat


Buah Mahoni berasal dari pohon Mahoni yang banyak tumbuh di daerah tropis, lebih tepatnya di daerah yang kering. Pohon Mahoni mampu mencapai tinggi hingga puluhan meter, serta diameter batang yang begitu besar. Biji Mahoni berbentuk pipih dan sangat ringan, dengan bentuk buah tunggal yang memiliki kulit sangat keras. Umumnya, ketika buah mengering, maka kulit buah akan membuka, sehingga biji-biji Mahoni yang kering akan terbawa oleh angin.

Manfaat Buah Mahoni: Kandungan Buah Mahoni


Sebagaimana pohonnya yang begitu besar, manfaat buah Mahoni bagi kesehatan tubuh juga sangat besar. Manfaat yang sangat besar ini merupakan hasil dari kandungan senyawa yang ada di dalam biji Mahoni. Biji Mahoni kaya akan kandungan senyawa bermanfaat, di antaranya flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Kandungan senyawa tersebut dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang sangat penting dalam menangkal radikal bebas serta menjaga kekebalan tubuh. Flavonoid juga berperan dalam mengatasi lemak dalam darah, hipertensi, serta menyehatkan jantung. Saponin berperan dalam mengatasi berbagai alergi serta mencegah diabetes. Sedangkan untuk alkaloid berperan dalam mencegah radikal bebas dan detoksifikasi racun-racun dalam tubuh.
Hasil gambar untuk biji mahoni
Manfaat Buah Mahoni bagi Kesehatan Tubuh by Kiat Sehat


Manfaat Buah Mahoni bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat buah Mahoni bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui:


1. Mengatasi Hipertensi


Manfaat buah Mahoni salah satunya adalah dapat mengatasi masalah tekanan darah. Dengan mengonsumsi seduhan biji Mahoni, maka tekanan darah akan kembali normal.


2. Menurunkan Gula Darah


Biji Mahoni juga bermanfaat untuk menurunkan gula dalam darah yang berlebih. Manfaat buah Mahoni ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi air seduhan biji Mahoni bubuk sebanyak 1/2 sendok makan dengan air hangat setiap sebelum makan hingga kadar gula darah menjadi normal.


3. Mengatasi Eksim dan Reumatik


Eksim dan Reumatik merupakan dua gangguan kesehatan yang seringkali sukar untuk diatasi. Salah satu manfaat buah Mahoni adalah untuk mengatasi penyakit ini. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi air hangat hasil seduhan 1/2 sendok makan bubuk biji Mahoni. Konsumsi seduhan biji Mahoni bubuk ini dilakukan tiga kali sehari sampai penyakit sembuh.


4. Meningkatkan Nafsu Makan


Nafsu makan yang hilang dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit dalam tubuh. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi biji Mahoni satu biji setiap harinya. Dengan cara ini, maka nafsu makan akan kembali seperti semula.


5. Manfaat Buah Mahoni Lainnya


Selain beberapa manfaat di atas, manfaat buah Mahoni yang lainnya adalah menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan kadar lemak dalam darah atau kolesterol.


Manfaat Buah Mahoni: Efek Samping Penggunaan Buah Mahoni


Di samping manfaat buah Mahoni yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi biji Mahoni secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang ternyata dapat memberikan beberapa efek samping bagi tubuh pengonsumsi, di antaranya:

1. Mengonsumsi biji Mahoni secara berlebih, berarti sama halnya dengan mengonsumsi zat flavonoid secara berlebih. Hal ini justru tidak baik bagi kesehatan, sebab flavonoid yang berlebih dapat menjadi mutagen dan pro-oksidan dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.
2. Mengonsumsi biji Mahoni secara berlebih juga sama halnya dengan mengonsumsi zat saponin secara berlebih. Zat saponin yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, sebab merupakan golongan steroid. Kelebihan saponin dalam tubuh juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit batu empedu.


Di samping pentingnya memahami manfaat buah Mahoni beserta efek sampingnya, perlu diketahui bahwa akan lebih baik lagi apabila upaya menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan serta konsultasi kepada dokter. Dengan cara ini, kesehatan akan terus terpantau dan bibit penyakit dapat diketahui dan dicegah sejak dini.

Komentar