Jenis Gatal pada Kulit yang Harus Diketahui!


Gatal-gatal sudah sangat sering dirasakan oleh sebagian besar orang. Gejala yang muncul pada kulit tubuh ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi, gigitan serangga, terpapar zat kimia, kuman, jamur, virus, dan bakteri. Oleh karena itu, jenis gatal pada kulit pun dapat sangat beragam, tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya.

Jenis Gatal pada Kulit by Kiat Sehat


Jenis gatal pada kulit yang sering mengganggu adalah akibat infeksi jamur, bakteri, atau virus. Hal ini sangat wajar, sebab semua mikroorganisme tersebut dapat berada di berbagai tempat, bahkan di tempat ekstrem sekalipun. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang lemah, maka mikroorganisme yang bersifat patogen dapat dengan mudahnya mengganggu kesehatan tubuh kita. 

Yang menjadi penyebab gatal pada kulit lainnya adalah adanya reaksi alergi terhadap zat tertentu yang dianggap sebagai material asing oleh tubuh. Reaksi alergi tersebut kemudian akan memunculkan gejala gatal-gatal pada kulit. Tidak jarang pula rasa gatal akan dibarengi dengan munculnya bintik merah atau bahkan sampai dengan bengkak-bengkak.

Jenis Gatal pada Kulit yang Harus Diketahui


Berikut merupakan jenis gatal pada kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang dan perlu diketahui agar kita bisa mencegahnya sejak dini:

1. Hives atau Urtikaria


Hasil gambar untuk hives
Jenis Gatal pada Kulit: Hives by Kiat Sehat

Jenis gatal pada kulit ini ditandai dengan adanya benjolan berwarna merah pada kulit dan terasa sangat gatal. Setelah beberapa jam, warna merah pada benjolan akan memudar, dan benjolan juga akan semakin mengempis. Apabila jenis gatal pada kulit yang terjadi adalah seperti ini, maka hal ini kemungkinan bukanlah gejala penyakit yang serius. Jenis gatal pada kulit ini dapat disebabkan oleh reaksi alergi, stress, obat-obatan, dan infeksi tertentu.

2. Ruam


Jenis Gatal pada Kulit: Ruam by Kiat Sehat


Jenis gatal pada kulit yang lainnya adalah ruam. Ruam ditandai dengan munculnya area pada kulit yang berwarna merah dan terasa sangat gatal. Sering juga, area kulit yang memerah tersebut bergelombang. Penyebab munculnya ruam pada kulit antara lain adalah akibat reaksi alergi serta adanya paparan zat kimia tertentu yang bersifat iritatif.

3. Kulit Kering


Jenis Gatal pada Kulit: Kulit Kering by Kiat Sehat


Kulit yang kering juga dapat dikategorikan sebagai jenis gatal pada kulit. Kondisi kulit yang terlalu kering dan menyebabkan gangguan seperti gatal-gatal disebut dengan xerosis. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang kering dan panas, kelembapan yang rendah, dan terlalu sering berada di lingkungan AC. Untuk mengatasi jenis gatal pada kulit yang satu ini, kita dapat mengatasinya dengan menggunakan produk pelembap yang aman untuk digunakan. Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan agar tidak mudah terinfeksi oleh berbagai mikroorganisme patogen.

4. Bercak Bulat


Hasil gambar untuk jenis gatal pada kulit
Jenis Gatal pada Kulit by Kiat Sehat

Jenis gatal pada kulit ini ditandai dengan munculnya bercak merah pada kulit yang membentuk lingkaran. Munculnya bercak merah ini juga diiringi dengan rasa gatal yang sangat mengganggu. Jenis gatal pada kulit ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur dan akan sangat mengganggu apabila tidak segera diatasi. 

5. Bisul


Hasil gambar untuk bisul
Jenis Gatal pada Kulit: Bisul by Kiat Sehat

Jenis gatal pada kulit yang satu ini ditandai dengan munculnya benjolan merah pada kulit dan biasanya mengandung air atau nanah, serta terasa gatal sekaligus nyeri. Umumnya, bisul disebabkan oleh bakteri akibat lingkungan yang kurang bersih dan terlalu lembap, sehingga bakteri akan sangat nyaman untuk menyerang kulit. Bisul diawali dengan munculnya benjolan merah kecil yang kemudian semakin membesar dan terkadang sampai bernanah.

6. Herpes


Jenis Gatal pada Kulit: Herpes by Kiat Sehat


Salah satu jenis gatal pada kulit yang juga sering menyerang adalah herpes. Jenis gatal pada kulit ini ditandai dengan munculnya area yang berwarna merah dan berair. Munculnya gejala ini juga sering diiringi dengan rasa gatal dan panas pada kulit. 

Jenis Gatal pada Kulit: Pengobatan


Pengobatan pada berbagai jenis gatal pada kulit sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter atau tenaga medis lainnya yang profesional. Dengan melakukan konsultasi ini, kita akan mendapatkan pemeriksaan, sehingga jenis gatal pada kulit dan penyebabnya dapat didiagnosa dengan tepat. Setelah diketahui jenis dan penyebabnya, maka akan dilakukan penangangan yang tepat pula.

Namun demikian, untuk memberikan penanganan awal, ketika muncul gatal-gatal pada kulit, dapat diatasi dengan beberapa pengobatan berikut:


  1. Alergi. Apabila peyebab munculnya gatal pada kulit adalah akibat alergi, maka kita bisa mengonsumsi antihistamin yang tersedia di apotek. Antihistamin yang sering digunakan untuk meredakan alergi di antaranya Benadryl, Zyrtex, dan Claritin.
  2. Infeksi Jamur. Jenis gatal pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat diatasi dengan menggunakan salep antifungi atau antijamur. Dengan menggunakan antifungi ini, maka gatal pada kulit akan segera mereda dan tidak akan menyebar.
  3. Gigitan Serangga. Jenis gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga atau semacamnya dapat diatasi dengan menggunakan antihistamin topikal. Dengan antihistamin topikal ini, rasa gatal dan gejala kemerahan akan mereda dan menghilang.
Jenis gatal pada kulit harus segera ditangani. Sebab, jika penyebab gatal tidak segera diketahui, maka dikhawatirkan gatal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan yang serius. Selain itu, apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka gatal dapat semakin luas dan semakin parah. Mari jaga kesehatan tubuh dengan mengetahui berbagai manfaat bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Anda bisa mempelajari berbagai tips kesehatan di sini.

Komentar